Senin, 26 Desember 2011

Tugas 1 Pengantar Telematika

  1. Jelaskan secara lengkap tentang telematika!
  2. Jelaskan bidang ilmu yang mendasari telematika!
  3. Bidang apa saja yang memanfaatkan telematika?
  4. Perangkat-perangkat apa saja yang dibutuhkan dalam telematika
  5. Apa keuntungan dan kerugian dari telematika?


Jawaban.
  1. Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika. Karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti:
  • Digital signal processing, Network programming
  • Managemen Telekomunikasi: Routing, security, dll. Sentral telepon, router, switch, VoIP dll.
  • Interoperabilitas: pensinyalan, operating system dan data base. Fiber optics, Network performance and Qos. Pengembangan software, dll.
  1. Telematika didasari oleh beberapA disiplin ilmu yang diantaranya adalah
  2. Beberapa contoh pengunaan telematika yaitu:
  • ICT. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • GPS, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Dan lain sebagainya.
  1. Interface dalam telematika diantaranya perangkat elektronik untuk yang digunakan membaca data dan menerjemahkan kedalam bentuk yang mudah dimengerti oleh manusia melalui perangkat multimedia, salah satunya adalah perangkat jaringan dan perangkat pengolah gambar dan suara, yang biasa digunakan untuk melakukan conference.
  2. Keuntungan dari telematika diantaranya adalah memberikan variasi pilihan dalam lemakukan aktiviatas dan mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan penelitian.

Tidak ada komentar: